December 09, 2009

A. KURIKULUM DAN LANDASAN PENGEMBANGAN KURIKULUM

1. Pengetian Kurikulum
Penyimpulan dari konsep-konsep kurikulum tediri dari:
a. Kurikulum sebagai jalan untuk meraih ijazah.
b. Kurikulum sebagai mata dan isi pelajaran. Maksudnya isi dari pelajaran tertentu dalam program.
c. Kurikulum sebagai rencana kegiatan pembelajaran. Winecoff(1988) menunjukan kepada kita bahwa kurikulum didefinisikan sebagai satu rencana yang dikembangkan untuk mendukung proses mengajar/belajar di dalam arahan dan bimbingan skolah, akademiatau universitas dan para anggota stafnya.
d. Kurikulum sebagai hasil belajar. Yakni serangkaian hasil yang diharapkan.
e. Kurikulum sebagai penglaman belajar. Yaitu semua yang dipakai oleh sekolah untuk menyediakan kesempatan-kesempatan bagi siswa memperoleh pengalaman belajar.

2. Landasan Pngembangan Kurikulum

Secara singkat, pengembangan kurikulum adalah suatu perbuatan kompleks yang mencakup berbagai jenis kepputusan(Taba, 1962: 6).
Landasan landasan pengembanagn kurikulum meliputi:
a. Landasan filosofis.
Meliputi hakikat realitas , ilmu pengetahuan, system nilai, nilai kebaikan, keindahan, dan hakikat pikiran yang ada di masyarakat.
b. Landasan social-budaya-agama.
Pengembangan kurikulum digunakan masyarakat untuk melaksanakan penerimaan, penyebarluasan, pelestarian, atau penolakan dan pelepasan nilai-nilai social-budaya-agama.
c. Landasan ilmu pengetahuan tknologi dan seni.
Pendidikan merupakan upaya penyiapan siswa menghadapi perubahan yang semakin pesat, temasuk di dalamnya perubahan ilmu pengetahuan,teknologi, dan seni.
d. Landasan kebutuhan masyrakat.
Pengembangan kurikulum juga harus di tekankan pada pengembangan individu yang mencakup keterkaitannya dengan lingkungan social setempat.
e. Landasan perkembangan masyarakat.
Kebutuhan masyarakat akan menuntut tersdianya proses pendidikan yang sesuai.

B. KOMPONEN DAN PRINSIP-PRINSIP PENGEMBANGAN KURIKULUM.

C. MODEL-MODEL PENGEMBANGAN KURIKULUM

1 comment:

silahkan komentar demi kesempurnaan blog ini